Mapepada Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Taru Putih Desa Tohpati

Administrator Berita Desa

15 Desember 2019

Hari ini Redite Wage Landep dilaksanakan Mepada Tawur serangkaian Upacara Tawur Balik Sumpah.  Tujuan dilangsungkan Upacara Tawur Balik Sumpah yang merupakan salah satu dari Upacara Bhuta Yadnya, adalah untuk menetralkan hal yang negatif dan mencegah Bhuta menganggu masyarakat di dalam mejalankan Upacara selanjutnya dan juga menghilangkan leteh Sekala Niskala. Sebagian dari hewan korban suci hasil dari upacara Mepapada dihaturkan disini seperti Angsa, Sapi, Anjing Bangbungkem, Kambing , Babi hitam dan Bebek Blangkalung, Penyu dan Kerbau. Dan kesemua hewan korban suci itu ditempatkan berdasarkan fungsinya sesuai arah mata anginnya, seperti arah timur digunakan angsa, tenggara anjing bangbungkem, utara babi hitam dan sebagainya. setelah dilaksanakan Mepada Tawur, dilanjutkan penyembelihan semua hewan tersebut untuk di pakai sesajen dalam Tawur yang akan dilaksanakan keesokan harinya yaitu Soma Kliwon Landep 17 desember 2019.

Tohpati Jaya

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

SEKRETARIS DESA TOHPATI STAF ADMINISTRASI STAF ADMINISTRASI KAUR KEUANGAN KAUR UMUM KAUR PERENCANAAN KASI PELAYANAN KBD KAWAN KASI PEMERINTAHAN KASI KESEJAHTERAAN KBD KANGIN

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini